HEROIK KALURAHAN PUCANGANOM DEMI MERAIH RINTISAN KALURAHAN BUDAYA

Carik 14 Juni 2024 22:24:54 WIB

PUCANGANOM, RONGKOP (SIDA SAMEKTA) --

Edisi: Jum'at, 14 Juni 2024

Tekad dan semangat kuat yang berkobar, secara heroik Kalurahan Pucanganom bertekad bisa naik kelas ke tingkatan Rintisan Kalurahan Budaya pada tahun 2024 kali ini. Dengan waktu yang sangat pendek segala persiapan dilaksanakan dengan begitu maraton. Namun demikian hal itu tidak menjadikan patah semangat semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Akreditasi Rintisan Kalurahan Budaya di Kalurahan Pucanganom pada Kamis, 13 Juni 2024 kemarin.

Antusiasme tinggi juga diperlihatkan warga masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, terlihat semua elemen seni dan budaya yang ada di Kalurahan Pucanganom dengan suka rela dan senang hati ikut memeriahkan acara tersebut. Meskipun ditengah terik panas matahari yang menyengat dan tidak mendapatkan perlakuan yang istimewa dari Pemerintah Kalurahan Pucanganom, namun tidak sedikitpun menggoyahkan semangat warga masyarakat demi Kalurahan Pucanganom naik ke kelas Rintisan Kalurahan Budaya. Terbukti sampai dengan selesai acara dan Tim Akreditasi meninggalkan Balai Kalurahan Pucanganom, warga masih kompak dan semangat sampai selesainya acara.

Mudah-mudahan dengan dukungan serta do'a dari semua lapisan warga masyarakat, Kalurahan Pucanganom bisa mendapatkan kenaikan status menjadi Rintisan Kalurahan Budaya. Itulah sedikit ungkapan dan harapan Lurah Pucanganom (bapak SURAWAN) ketika ditemui Tim Sida Samekta disela sela waktunya. Selain itu pula juga dipaparkan dalam sambutannya, bahwa di Kalurahan Pucanganom ada beberapa potensi unggulan, selain UMKM, seni budayanya. Potensi alam juga tidak kalah dibandingkan dengan yang ada di wilayah lainnya, salah satunya yang paling menonjol yaitu petilasan Watu Mbah Melik dan petilasan wali Pancuran Mendolo dan juga Pertapan. Ketua Tim Akreditasi (Bapak Agus Mantara) bahkan sampai penasaran dan bermaksud menyatakan langsung ke petilasan Watu Mbah Melik. Namun karena keterbatasan waktu, maka akan diagendakan dilain waktu ungkapnya. Harapannya setelah dilihat, apabila memenuhi kriteria besar kemungkinan akan menjadi cagar budaya yang ada di Kalurahan Pucanganom.*Crk

 

Website:

https://desapucanganom.gunungkidulkab.go.id

Instagram:

Kalurahan_Pucanganom

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung